WANITA HEBAT, ST. UMMU SULAIM

WANITA HEBAT, ST. UMMU SULAIM
WANITA HEBAT, ST. UMMU SULAIM
Luthfi Bashori
Wanita ini sangat luar biasa. Namanya sering disebut oleh kaum sejarawan muslim. Demikian pula para pakar hadits yang kerap kali membukukan namanya. Beliau bernama asli Al-Ghumaisha’ binti Milhan. Beliau juga mempunyai seorang anak yang namanya tidak asing lagi di telinga para ulama serta kalangan pelajar ilmu agama, yaitu Sy. Anas bin Malik. Sang putra ini termasuk salah satu pembesar di kalangan para shahabat Nabi.

Sy. Anas bin Malik, putra St. Ummu Sulaim RA menegaskan, satu-satunya rumah seorang wanita di Madinah yang pernah dikunjungi Nabi Muhammad SAW selain rumah-rumah para istri beliau adalah rumah St. Ummu Sulaim RA.

Tatkala banyak orang bertanya kepada beliau SAW tentang alasan mengunjunginya. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Saya kasihan kepada Ummu Sulaim, karena saudaranya terbunuh di dekat saya dalam perperangan.” (HR. Al-Bukhari).

St. Ummu Sulaim termasuk salah satu pahlawan wanita di medan laga saat pasukan Islam berperang melawan pasukan kafir. Beliau memang wanita yang luar biasa, sangat layak untuk dijadikan idola dan panutan oleh umat Islam, khususnya di kalangan kaum wanita.

Sy. Anas RA memberitakan, tatkala perang Uhud terjadi, dan pasukan kaum muslimin mundur meninggalkan Nabi Muhammad SAW, aku melihat St. Aisyah binti Abu Bakar, dan St. Ummu Sulaim RA benar-benar sedang sibuk mondar-mandir. Aku melihat gelang-gelang kakinya pada betis masing-masing. Keduanya mengangkat ghirbah (sejenis jerigen air) di atas punggung masing-masing, dan keduanya memberi minum pasukan. Setelah itu, keduanya pergi (mengambil air lagi) dan memenuhi ghirbahnya masing-masing, kemudian (kembali) memberi minum kepada pasukan muslim lagi.” (HR. Al-Bukhari).

Atas perjuangan St. Ummu Sulaim yang tulus ikut memperjuangkan agama Islam inilah, maka Allah memberi derajat yang tinggi kepada beliau RA.
Sy. Anas RA berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Aku masuk ke dalam sorga (saat Isra & Mi’raj), lalu aku mendengar suara derap langkah seseorang yang cepat, maka aku bertanya, ‘siapa ini?”
Para penghuni sorga menjawab, “Ini Al-Ghumaisha’ binti Milhan, ibu Anas bin Malik RA.” (HR. Muslim).
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==